Sunday, July 5, 2015

Peluncuran Jaraka untuk Polinela

Reporter: Reni Aprillia

Sukma_Polinela; Informasi berperan penting didunia dalam segala bidang. Tak dipungkiri seluruh masyarakat dibelahan dunia membutuhkan suatu informasi. Didunia pendidikan infor­­masi mempunyai andil yang cukup tinggi, khususnya untuk ma­hasiswa. Suatu in­for­ma­si sangat diperlukan secara cepat dan efisien. Oleh sebab itu salah satu Perguruan Tinggi di Lampung yaitu Politeknik Ne­geri Lam­pung (Polinela) men­cetuskan sumber informasi bagi setiap mahasiswa berbasis online mengenai civitas akademik yang disebut dengan JARAKA (Jaringan Akademik).
 Jaraka berawal dari SIAKAT. Jaraka berisi beberapa sistem yang berhubungan langsung dengan aktivitas akademik seperti aplikasi Digital Library, Alumni, hasil Study, Prosedur Akademik, Peraturan Akademik, Pendaftaran Wisuda, Lowongan Kerja, dan masih banyak aplikasi didalamnya. Dengan adanya Jaraka dapat memudahkan ma­hasiswa untuk memperoleh ber­bagai informasi dari segala sumber salah satu contohnya adalah aplikasi alumni. Karena ketika kita sudah menjadi alum­ni nantinya kita tetap dapat melihat data-data sebelumnya serta informasi-informasi baru yang bermanfaat.
Hal tersebut juga telah diungkapkan Bapak Eko Win Kenali selaku Kapuskom, dia mengatakan, “Puskom berfikiran bagaimana dengan 1 login bisa mendapatkan semua, berupa data akademik, bisa melihat judul tugas akhir kakak tingkat , melihat hasil dosen, bahkan sampai nanti menjadi alumni hanya memakai login itu”.
Sebelumnya Polinela tidak mempunyai Siakat, yang ada hanyalah program bersifat Local yang hanya bisa diakses oleh BAK, sedangkan untuk dosen dan mahasiswa hanya dapat melihat melalui selembar kertas yang dicetak. Pembuatan Jaraka ini merupakan usulan dari institusi (Direksi) dan dikhususkan untuk perorangan, dengan kata lain kita hanya dapat melihat data perorangan.
Jaraka mulai diuji coba tahun 2012 lalu dan diaplikasikan pada sebagian mahasiswa yaitu mahasiswa Program Study Manajemen Informatika (MI). Pada tahun 2013 Jaraka diaplikasikan pada Jurusan Ekonomi dan Bisnis dengan 3 Program Study yaitu Manajemen Informatika, Akuntansi dan Agribisnis. Setelah uji coba berhasil dan keamanan tidak ada masalah, maka pada tahun 2014/2015 dijalankan untuk seluruh mahsiswa, namun sosialisasi masih kurang. Jaraka mulai diresmikan dan diekspos pada bulan Maret 2015. Saat ini sosialisasi Jaraka untuk mahasiswa dapat dilihat melalui promosi banner, Web Polinela, maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polinela.
Untuk dapat menggunakan aplikasi Jaraka, terlebih dahulu mendaftar melalui PUSKOM (Pusat Komunikasi) untuk mahasiswa lama, namun untuk mahasiswa baru angkatan 2015 nanti akan secara otomatis. Hal tersebut dikarenakan langsung disosialisasikan saat PSP2. Kita dapat melihatnya melalui Web “Jaraka.polinela.ac.id”. Jaraka bertujuan menyebarkan informasi dari berbagai sumber dan bagaimana caranya di Share ke dosen dan mahasiswa. Jaraka juga akan mengalami perkembangan atau inovasi baru setiap tahunnya.
Untuk mencapai hasil yang baik tentunya tidak ada jalan yang mudah, “Masalah susah, nggak susah, pasti susah, butuh waktu lama, karena kendalanya dari tenaga dengan Programer yang terbatas”, tambah Eko.
Tanggapan positif didapat dari Direktur Polinela Ir. Joko SS Hatono M.T.A. mengenai jaraka, menurutnya Jaraka harus segera disosialisasikan dan segera digunakan. Adanya Jaraka juga sangat bermanfaat khususnya bagi ma­hasiswa. Hal tersebut juga ditanggapi oleh Randy Estian salah satu mahasiswa Program Study Manajemen Informatika semester 4 yang mengatakan bahwa, ”Jaraka ini penting, apa lagi diterapkan untuk seluruh mahasiswa di Polinela dan Jaraka ini baik untuk dikembangkan. Tidak setiap mahasiswa harus menunggu untuk melihat hasil Study di kampus, tetapi dapat dilihat dengan Via Online dan datanya juga dapat di download”.
Berbagai harapan diluncurkan oleh Bapak Eko sekaligus mentuntaskan pe­m­­bicaraan mengenai Jaraka ini, “Dapat digunakan maha­siswa, memudahkan mahasiswa, dan dapat membantu kegiatan akademik mulai dari mahasiswa serta dosen”. (*Tri Asdi)

0 comments:

Post a Comment