Friday, May 12, 2017

Sekret Barunya Pramuka

Baru : Kondisi sekret baru Pramuka di Gedung H Polinela
Reporter     : Belinda Yena Putri
                     Hanum Palupi

Sukma_Polinela; Pramuka atau Praja Muda Karana Politeknik Negeri Lampung (Polinela)  memiliki kesekretariatan baru. Tetapi belum banyak yang  mengetahui bahwa Pramuka telah memiliki tempat yang sering disebut sekret ini. Hal ini terjadi karena sekret Pramuka sendiri baru diresmikan oleh Direktur Polinela beberapa minggu lalu.

Pramuka Polinela telah mengajukan gedung untuk digunakan sebagai kesekretariatan. Awalnya Pramuka hanya mengajukan gedung dan mereka tidak menentukan ruang manakah yang akan mereka gunakan. Saat ini Pramuka telah memperoleh ruangan untuk disinggahi, ruang tersebut berada di ujung Gedung H (Melati) yang bersebelahan dengan lahan parkir Gedung Sakura.

Kesekretariatan yang mereka miliki sekarang cukup besar, karena  dahulunya ruangan tersebut adalah ruang  kerja untuk para dosen. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan para anggota Pramuka yang berbeda dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi mahasiswa lainnya. Diantara banyaknya anggota Pramuka Polinela, terdapat dosen dan teknisi yang ikut serta dalam organisasi ini.

Organisasi ini sudah berdiri sejak 2 tahun lalu,  yang dirintis oleh para dosen dan teknisi Polinela. Namun, Pramuka sendiri baru memperoleh dan menempati kesekretariatannya mulai 3-4 minggu yang lalu. Kesekretariatan yang kini menjadi markas besar Pramuka didapatkan melalui proses yang cukup panjang. Mereka terlebih dahulu megajuakan surat, dan memerlukan waktu serta kesabaran yang cukup lama dari anggota Pramuka untuk memperoleh ruangan tersebut, karena dalam prosesnya membutuhkan persetujuan serta pertimbangan dari pihak akademik.

Anggota Pramuka Polinela mengaku bahwa ruang yang telah diberikan cukup bagi mereka, karena dapat menyimpan barang yang mereka miliki seperti alat-alat serta perlengkapan berlatih ataupun  lomba. Semua barang yang mereka milik cukup untuk diletakkan didalam sekret, namun untuk peralatan seperti bambu mereka letakkan di luar ruangan, karena tidak mungkin jika harus dimasukkan kedalam sekret.

“Untuk barang-barang yang diletakkan di dalam ruangan salah satunya tali tambang. Tali tambang tidak membutuhkan ruang yang lebar untuk dapat diletakkan.” ujar Sutopo Agung salah seorang anggota pramuka.

Sebelum memiliki kesekretariatan mereka menyimpan peralatan Pramuka secara pribadi yaitu disalah satu kamar kos anggota Pramuka. Selain itu, untuk alat-alat besar seperti bambu ataupun yang lainnya disimpan ditempat lain yang terpenting tidak terkena panas maupun hujan.

Para anggota Pramuka mengaku nyaman dengan kesekretariatan barunya ini. Mereka juga menganggap ruang tersebut cukup besar, sehingga saat ada kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan didalam ruangan mereka dapat menggunakan kesekretariatan tersebut. Dengan adanya kesekretariatan, anggota Pramuka sendiri tidak kesulitan dalam kegiatan rapat ataupun menjamu tamu organisasi pramuka dari kampus lain. Sebelumnya anggota Pramuka hanya memilih tempat-tempat dibawah pohon ataupun halte sekitar kampus untuk mereka berkumpul atau mengadakan rapat.

“Selama ini kami berkumpul hanya di luar ruangan, bahkan terkadang dilakukan di kosan anggota. Untuk peralatan kami meletakkannya dibagian belakang kampus dan sebagian di kosan salah satu anggota kami.” jelas Sutopo saat ditemui di kesekretariatan Pramuka.

Saat ini Pramuka Polinela sendiri merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang memang dikenal aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan termasuk perlombaan diluar lingkup Polinela. Harapan terbesar anggota adalah Pramuka Polinela dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih banyak dan bermanfaat, baik untuk anggotanya sendiri ataupun untuk Polinela.(*Aisyah)


0 comments:

Post a Comment