Monday, June 27, 2016

FUN CAMP, Bersilaturahmi Sekaligus Lestarikan ALAM

Reporter : Dewi Nuraini
Sukma_Polinela;Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Pecinta Alam Lampung (UKM Poltapala) mengadakan acara Fun Camp pada tanggal 31 April-1 Mei 2016 di Gunung Betung, Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Acara ini diikuti oleh mahasiswa mahasiswi Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) dengan jumlah peserta 29 orang, yang terdiri dari beberapa organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Perkebunan (HIMABUN), Polinela Diving Club (PDC), UKM Pers Sukma, MPM, UKM Al-Banna, UKM Bidang Seni, BEM, UKM Garda dan lainnya. 
Fun Camp sendiri adalah kegiatan kemah ceria bersama serta bermain bersama alam. Kegiatan Fun Camp Poltapala ini, awalnya dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis Polinela dan kegiatan ini telah terlaksana tiga kali dalam tiga tahun terakhir. Melihat kegiatan ini berjalan dengan sukses dan banyak peserta yang antusias, membuat UKM Poltapala menjadikan Fun Camp sebagai agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya. Dari pihak panitia pun selalu memperbarui kegiatan dalam acaranya agar selalu menarik dan tetap pada esensi pecinta alam.

Acara ini diketuai oleh Imam Choirul Pratama (Kewel) mahasiswa Jurusan Perternakan semester 4. Tujuan diadakannya acara ini guna memperkenalkan lebih dalam mengenai UKM Poltapala kepada Organisasai Mahasiswa (ORMAWA) lainnya. Fun Camp juga untuk menjalin silaturahmi dan menumbuhkan rasa kekeluargaan antar ORMAWA serta memberi edukasi tentang bagaimana cara hiking yang baik dengan tetap melestarikan alam. Selain itu, kegiatan ini juga membuat mahasiswa Polinela untuk dapat mengenal lebih dekat dan diajarkan tentang kerjasama dalam tim serta bertahan hidup di alam bebas.
Pada acara Fun Camp, hari pertama peserta melakukan upacara pembukaan dan melanjutkan perjalanan menuju Gunung Betung dengan menggunakan Truk. Tujuan menggunakan truk adalah agar tercipta rasa kebersamaan dan keakraban antar peserta. Setelah sampai, mereka berjalan menuju area berkemah dan mendirikan tenda. Pada malam hari mereka membuat api unggun dan sharing bersama mengenai Poltapala dan yang lainnya. Pada keesokan harinya, mereka melakukan senam pagi dan langsung melakukan kegiatan menanam pohon di area yang telah disediakan panitia. Setelah melakukan penanaman pohon mereka melanjutkan perjalanan untuk menuju puncak Gunung Betung. 
Menurut Ketua Pelaksana, kendala yang terjadi pada acara tahun ini adalah cuaca yang tidak menentu dan juga kurangnya koordinasi kepada peserta sehingga membuat peserta tidak mengikuti prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Selain itu Imam juga menambahkan, “Yang mengikuti acara ini dan yang mengadakan, mendapatkan banyak keuntungan diantaranya untuk peserta yaitu mereka bisa mengenal lebih dekat pengurus UKM Poltapala, Bisa kenal alam lebih dekat dan refreshing menghilangkan penat akibat aktifitas perkuliahan. Dan keuntungan bagi panitia yaitu melancarkan program kerja UKM Poltapala pada kepengurusan 2015/2016, Dan bisa menjalin silaturahmi dengan perwakilan ORMAWA Polinela”.*(Aisyah)

0 comments:

Post a Comment