Saturday, October 28, 2017

Kebersihan Lingkungan KHD

Reporter : Made Ayu Lestari

Gedung KHD (Ki Hajar Dewantara) merupakan gedung baru dan gedung yang paling tinggi di kampus Politeknik Negeri Lampung (Polinela) yang berdiri pada tahun 2016. Gedung KHD terdiri atas 5 lantai dimana tiap-tiap lantai mempunyai fungsi yang berbeda yaitu lantai 1 untuk bagian kepegawaian, lantai dua untuk ruangan dosen jurusan budidaya tanaman pangan, lantai 3 untuk  ruangan  dosen  jurusan  perkebunan,  lantai  4  dan  5  masing-masing untuk ruang perkuliahan.

Geduninterlihaselalbersih dan bebas dari sampah karena pada gedung ini terdapat petugas kebersi- han yang selalu membersihkan gedung seperti menyapu dan mengepel lantai sertmembersihkakacgedung setiap harinya. Namun disayangkan kebersihan gedung KHD hanya dapat dirasakan  dalam  sekejap  saja,  karenamulai  terancam  oleh  tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini banyak sekali terdapat sampah-sampayanditinggal- kan, khususnya sampah sisa putung rokok yang sengaja dibuang disudut- sudut ruangan. Sampah putung rokok tersebut tidak hanya mengo- tori gedung tetapi juga tidaklah baik bagi kesehatan jika bekas putung tersebut tertiup angin lalu dihirup olepemakagedungHaseperti ini sangat disayangkan mengingat dalam gedung ini sudah banyak disiapkan kotak sampah untuk memudahka membuan sampah pada tempatnya. Sudah seharusnya setiap mahasiswa ataupun pihak lain hendaknya mempunyai kesada- ran untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dengan kondisi seperti ini, banyak pihak yang tidakmau disalahkan karena merasa hal yang dilakukan tidaklah salah. Namun, kembali lagi melihat kondisi yang seperti ini har- usnya semua pihak ikut merasa bersalah karena tidak dapat menjaga ke- bersihan bersama. Harapanya untuk semua pihak dapat menyadarkan dirinya sendiri bahwa membuang sampa sembarangan   adalah   hal yang salah. Selainitu juga diharapkan bahwa untuk saling mengingatkan kepada sesama teman untuk dapat menjaga kebersihan.

Keperdulian terhadap kebersihan tidak hanya milik petugas keber- sihan, melainkan kita juga sebagai agen perubahan. Ditegaskan kepada semua pihak untuk lebih peduli terhadap kebersihan gedung guna kenyaman     bersama.  Oleh  karena itu, sebagai warga kampus Polinela haruslah ikut menjaga kebersihan gedung dan lingkungan kampus yang kita cintai agar kebersihan gedung dan lingkungan terlihat bersih dan indah dilihat oleh semua yang berada di lingkungan kampus maupudiruangagedung.  “ Karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?danKalau bukan kita , siapa lagi?”.(*Aisyah/Rissya)

0 comments:

Post a Comment