Saturday, October 28, 2017

Mahsiswa Perikana Ikut Serta dalam ENJ 2017



Pembelajaran : Peserta Ekpedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 berbagi ilmu kepada anak-anak setempat/
Foto : Dokumentasi ENJ


Reporter : Putu Angga Adi
                  Dwica Pratiwi

Sukma_Polinela; Mahasiswa program study D3 Budidaya perikanan mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017. Ekspedisi Nusantara Jaya ini dilaksanakan di tiga provinsi yang berbeda yakni Papua Barat, DKI Jakarta, dan Lampung. ENJ merupakan program Kemenko Maritim yang diadakan pada setiap tahunnya. Bentuk kegiatan tersebut berupa pengabdian kepada masyarakat yang tinggal diwilayah terpencil, yang kurang bantuan atau campur tangan pemerintah.
Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Polinela khususnya dalam program studi Budidaya Perikanan ikut mewakili Provinsi Lampung. Anugrah Muhammad Dharmawan (semester 3A) ikut dalam ENJ Papua Barat, Bimantara Jauhari (semester 3A), Aldi Gita Pratama (semester 3A), Mahmud (semester 3B) untuk ENJ DKI Jakarta, dan Lukman Hadi (semester 3.A) serta M. Alfasina semester (3.B) ENJ Provinsi Lampung.
ENJ Papua Barat  dilaksanakan di Kabupaten Raja Ampat, pulau Waise, kegiatan tersebut terlaksana pada tanggal 30 Agustus 2017 – 12 september 2017. Dalam ekspedisi ini terpilih 100 peserta dari hasil seleksi yang kemudian di bagi menjadi 3 kelompok, yang mana masing-masing kelompok beranggotakan 33-34 peserta. Peserta ENJ papua barat ini dari bebagai wilayah  di indonesia seperti, Aceh, Sulawesi, Malang, Serang , Solo ,Jakarta, Bandung , Lampung, dan beberapa provinsi lainnya.
“Sebelum Keberangkatan persiapan yang dilakukan kita mencari donatur, mengumpulkan pakaian yang masih layak pakai serta buku-buku bekas,” ujar Anugrah Muhammad Dharmawan peserta ENJ Papua Barat.
 Kegitan yang dilakukan para peserta diantaranya bakti lingkungan, transplantasi terumbu karang, penanaman mangrove, dan clean up pantai. Selain itu, dari bidang kesehatan dilakukan penyuluhan tentang sikat gigi, pendikan kegitan mengajar, rumah baca, dan pohon impian, serta yang terakhir penyerahan sumbangan yang telah dikumpulkan sebelumnya kepada masyarakat.
Kegitan yang paling berkesan saat ENJ Papua Barat adalah yaitu penanman mangrove bersama sisiwa-siswi SD 04 Kabupaten Raja Ampat, yang dimana setia anak menanam 1 pohon mangrove dan pohon tersebut diberi nama sesuai dengan anak yang menanamnya, Setiap anak diamanahkan untuk menjaga dan merawat setiap pohon mangrove yang mereka tanam sendiri.
Dalam ENJ DKI Jakarta dilaksanakan  di pulau Pari pada tanggal 28 Agustus–04 September 2017. ENJ DKI Jakarta dibagi 3 kelompok. Kegiatan ENJ DKI Jakarta dibagi dalam berapa  divisi yakni pemberdayaan, pendidikan dan lingkungan. Dalam divisi pendidikan dilakukan kegiatan seperti  pembuatan pohon impian, edukasi tentang kesehatan, pembaerdayaan keramba pembuat pupuk organik, tanaman hidoponik, penanaman mangrove, serta bersih pantai.
  Sedangkan untuk ENJ Lampung sendiri bertempat di pulau Pisang pada tanggal 30 September 2017 - 9 Oktober 2017. Untuk pesertanya dari beberapa wilayah seperti Cimahi, Yogjakarta, Palembang, Lampung, Bengkulu Dan Bandung. Persiapan sebelum keberangkatan pun tak berbeda jauh dengan ENJ Papua Barat seperti pengumpulan donasi, persiapan perlengkapan buku-buku yang didapat dari Sriwijaya, perpustakaan Indonesia, sumbangan masyarakat, serta pakaian bekas layak pakai.
Program kerja yang dilaksakan dari bidang sosial lingkungan seperti penanaman mangrove dan  bersih pantai. Dibidang ekonomi kretif yaitu pembuatan ikan asap, kemudian dibidang pendidikan adanya klasipirasi, pembelajaran bahasa inggris, edukasi tentang pentingnya pendidikan dan pembuatan  perpustakaan mini yang bertujuan untuk anak-anak pulau pisang dapat membudidayakan membaca. Program kerja yang diutamakan dalam ENJ Lampung adalah ekonomi kreatif, dan pebelajaran bahasa inggris untuk peningkatan ekowisata yang dimana nantinya dapat bersaing dibidang wisata.(*Aisyah)

0 comments:

Post a Comment